Selasa, 22 Mei 2012

Lima Strategi yang Perlu Anda Lakukan Agar Usaha Rumahan Anda Tumbuh Pesat

Artikel lima strategi agar usaha rumahan anda tumbuh melesat ini saya ambil dari kompasiana.com yang ingin saya bagi untuk teman-teman semua. sebelumnya saya minta maaf ya pada mas Muhammad Zulham karena sudah copy paste artikelnya di kompasiana. semoga artikel ini bermanfaat. Simak ya (:

1. Lakukan promosi bersama dengan usaha rumahan lainnya

Maksudnya adalah, anda mencari usaha lain yang mempunyai sasaran pasar yang sama namun dengan produk yang berbeda.

Misalnya saja seperti contoh sebelumnya anda berjualan bantal bayi yang mempunyai desain yang unik serta mempunyai manfaat lain seperti misalnya sebagai terapi pijat kepala bayi. Sekarang, coba anda lakukan kerjasama dengan klinik persalinan atau bidan.

Caranya? Tawarkan potongan harga khusus bagi yang membeli bantal anda melalui bidan tersebut. Jika di pasaran anda menjual dengan harga Rp.100.000 misalnya, juallah dengan potongan harga sebesar 20% untuk pembelian yang dilakukan melalui klinik persalinan milik bidan itu, sehingga para pelanggannya cukup membayar sebesar Rp.80.000.

Begitu juga sebaliknya. Setiap ada wanita hamil yang hendak membeli produk bantal bayi anda, tawarkan fasilitas pembuatan akte lahir gratis bagi yang melakukan proses persalinan di klinik bidan rekanan anda itu.

Itu semua hanya sekadar contoh. Anda bebas menentukan program promosi lain sesuai kebutuhan anda dan rekan usaha anda. Intinya, dengan melakukan program promosi bersama, usaha anda dapat lebih cepat tumbuh dan berkembang.

2. Membidik pasar sasaran yang berbeda

Yang dimaksud dengan strategi ini adalah membidik ceruk pasar yang lebih khusus di dalam sebuah ceruk pasar. Kalau anda membidik ceruk pasar remaja misalnya, cobalah untuk memasarkannya kepada remaja kuliahan. Atau jika anda membidik ceruk pasar wanita, anda bisa memasarkan untuk pasar yang lebih khusus misalnya wanita yang bekerja dengan sistem shift.

Dengan melakukan strategi ini, anda akan mempunyai potensi pasar sasaran yang semakin banyak dari pasar yang telah anda garap selama ini. Keuntungan lainnya adalah, siapa tahu usaha rumahan anda merupakan yang pertama memasuki ceruk pasar khusus yang selama ini mungkin terlewatkan oleh pesaing anda. Oleh karenanya, gunakan kreativitas anda untuk membuka semua peluang yang ada.

3. Pasarkan produk anda dengan cara yang berbeda dan kreatif

Ya betul. Anda harus bisa memasarkan produk usaha rumahan anda dengan cara-cara yang berbeda dan tidak lazim sekaligus kreatif.

Karena pada intinya, anda bisa menjual produk atau jasa apapun juga. Agar bisa berbeda dari pesaing, pasarkanlah dengan cara yang menurut orang mungkin agak sedikit nyeleneh dan tidak lazim. Anda bisa memanfaatkan internet, publikasi online, social media, dan apapun juga yang bisa digunakan sebagai alat pemasaran kreatif.

Apa misalnya? Di situs Copybisnis, ada sebuah artikel yang sangat menarik tentang seseorang yang menjual produk yang sudah sangat terbilang umum bagi masyarakat kita, yaitu kaos kaki. Produk yang ditawarkan memang hanya berupa kaos kaki hitam untuk pria. Yang membuatnya istimewa adalah konsep memasarkannya, yaitu dengan sistem berlangganan layaknya kita berlangganan koran atau majalah. Sebuah konsep yang tidak lazim dan aneh, namun juga kreatif dan brilian!

Oleh karena itu, pasarkanlah usaha rumahan anda dengan cara-cara berbeda. Bisa juga anda memanfaatkan teknologi internet yang murah untuk mengirimkan newsletter mingguan kepada para pelanggan anda. Dengan cara ini, usaha rumahan anda berpotensi untuk mendapatkan pelanggan baru.

4. Butuh ruang rapat atau presentasi yang memadai? Sewa saja ruang kantor “virtual”

Umumnya di kota-kota besar, ada pengelola gedung perkantoran yang bisa menyewakan ruang kantor sementara lengkap dengan fasilitas yang cukup canggih.

Biasanya, mereka menawarkan ruang rapat, telekonferensi, resepsionis, fasilitas internet dan sebagainya dengan harga yang cukup terjangkau. Jika anda akan bertemu dengan klien yang membutuhkan ruang yang cukup besar dan fasilitas yang memadai, anda bisa memanfaatkan jasa sewa ruang kantor tersebut.

Manfaatnya adalah usaha rumahan anda akan terlihat lebih profesional. Selain itu, peluang-peluang usaha baru serta jaringan usaha akan terbuka lebih luas sehingga meningkatkan performa usaha rumahan yang anda bangun.

5. Buatlah sistem yang mudah diduplikasi

Apa harapan anda terhadap usaha rumahan yang tengah anda bangun saat ini? Tentu saja pastinya adalah agar dapat berkembang pesat dan menjadi besar serta bisa membuat anda pensiun kaya raya.

Untuk menuju kearah itu, anda harus membuat sebuah sistem yang jelas dan terarah serta mudah untuk diduplikasikan kepada pihak lain. Dengan sistem yang kuat, sebuah usaha rumahan yang tadinya kecil akan mampu menjadi besar dan berkembang pesat.

Contohnya adalah McDonald’s. Siapa yang tidak mengenal hamburgernya yang sangat istimewa? Awalnya, usaha restoran yang didirikan pada tahun 1940 oleh kakak beradik Richard dan Maurice McDonald ini hanyalah berupa restoran burger biasa. Mereka mengoperasikan restoran dengan berbagai macam menu namun dengan tetap mengusung burger sebagai produk andalan.

Namun di tangan seorang salesman yang bernama Ray Croc, McDonald’s menjelma menjadi sebuah jaringan restoran burger yang melayani 68 juta pelanggan di lebih dari 119 negara.

Kuncinya adalah, Ray Croc membuat sebuah sistem operasional yang baku dan menyeluruh yang meliputi berbagai prosedur pengelolaan restoran, mulai dari pembelian hak waralaba sampai dengan standar operasional restoran.

Dengan didukung sistem yang sedemikian kuat, restoran yang tadinya hanyalah merupakan sebuah usaha rumahan biasa menjelma menjadi raksasa jaringan restoran burger yang terorganisir.

Karenanya, anda harus menanyakan sebuah pertanyaan kunci kepada diri anda sendiri: apakah usaha anda bisa disistemisasi kedalam bentuk yang mudah untuk dioperasikan oleh pihak lain (menjadi sebuah waralaba), atau produk yang anda tawarkan telah mempunyai standarisasi yang baku sehingga memudahkan pihak lain untuk melakukan penjualan ulang (pola peluang usaha). Jika anda bisa menjawab pertanyaan tersebut, niscaya usaha rumahan anda yang tadinya berskala kecil akan mampu berkembang menjadi besar dan menguntungkan.

Oleh karena itu, pelajari baik-baik strategi sebelumnya serta yang telah dijabarkan diatas. Terapkan secara bertahap untuk melihat hasilnya. Dengan konsistensi dan persistensi, insya Allah usaha rumahan yang sedang anda bangun ini akan memberikan hasil yang melebihi ekspektasi anda.

sumber: http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2012/03/12/inilah-strategi-yang-perlu-anda-lakukan-agar-usaha-rumahan-anda-tumbuh-pesat-bagian-kedua

Lima Strategi yang Perlu Anda Lakukan Agar Usaha Rumahan Anda Tumbuh Pesat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar